ILMU KEBUMIAN

Ilmu kebumian ialah nama untuk kumpulan ilmu sains yang mempelajari atau berusaha untuk memahami bumi beserta obyek tetangganya di ruang angkasa. Yaitu termasuk di dalamnya geologi, oseanografi, meteorologi, dan astronomi.
Geologi, ialah sebuah kata yang secara bahasa berarti “ilmu yang mempelajari bumi”. Secara tradisional, geologi dibagi menjadi 2 aspek, fisik dan sejarah.
Geologi fisik membahas mengenai material penyusun bumi dan untuk memahami proses yang bekerja pada permukaan dan di bawah permukaan bumi. Bumi ialah planet yang sangat dinamis, akan selalu mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Gaya dari dalam menghasilkan gempabumi, membentuk pegunungan, dan struktur vulkanik. Di permukaan, proses eksogenik memecah batuan dan mengikisnya pada daerah yang luas untuk membentuk bentang alam. Efek erosi oleh air, angin, dan es menghasilkan bentang alam yang sangat bervariasi. Karena batuan dan mineral terbentuk dengan merespon proses yang terjadi di dalam dan permukaan bumi, maka menginterpretasi batuan dan mineral merupakan dasar untuk memahami planet bumi.

Comments

Popular Posts