Wednesday, November 9, 2011

WinnerClass

Fitur Utama
Berikut Fitur Utama WinnerClass

Tipe Fitur Deskripsi
Tipe Basic

Tipe standar dengan fitur paling minim

Class Management Guru dapat membuat data kelas untuk mengatur nama sekaligus membuat layout posisi siswa seperti pada posisi meja yang ada di kelas laboratorium.
All Listen Guru dapat mengatur agar semua siswa hanya dapat mendengarkan suara dari guru saja.
Private Call Guru dapat mengatur satu atau beberapa siswa saja yang hanya dapat mendengarkan suara dari guru atau dari siswa lain.
Student Grouping Guru dapat membuat kelompok belajar diantara beberapa siswa, dan guru juga dapat menunjuk salah satu siswa sebagai leader.
Seorang leader yang terpilih dapat bertindak seperti seorang Guru dan dapat menjalankan fungsi-fungsi Guru seperti : Video Broadcast, Voice Teaching, Voice Chat, Monitor, Remote Control, Remote Setting, File Distribution, Remote Command, dan lain-lain.

Jumlah Group ini tidak dibatasi . Dalam fungsi Manajemen Grup, nama grup dapat dihapus, ditambah dan disimpan untuk pembelajaran kelas selanjutnya. Selain berkomunikasi antar anggota di Grup, Guru juga dapat join untuk berkomunikasi di dalam grup yang terpilih tersebut.

Student Conference Guru/siswa dapat berkomunikasi satu dengan lainnya, tergantung pengaturan oleh guru.
Screen Broadcast Guru dapat menyiarkan layar dan suara PC Guru ke semua PC Siswa atau PC Siswa yang terpilih saja. Layar yang ditampilkan ke siswa dapat berupa full screen, window, atau sebagian area tertentu yang dipilih oleh guru saja. Fungsi ini juga memungkinkan untuk menampilkan wajah guru bila terdapat webcam .
Chatting Guru dapat melakukan chatting berupa teks kepada satu / beberapa / semua siswa .
Student Demonstration Guru dapat memilih seorang siswa untuk mendemokan pengoperasian di desktopnya ke Guru dan siswa-siswa lainnya (siswa bertindak seperti guru).
Voice Broadcast Untuk menyampaikan komunikasi audio/suara kepada siswa melalui microphone, headphone, dan speaker ruangan.
Student Monitoring Guru dapat memonitor kegiatan semua siswa dalam monitor Guru. Tampilan monitor siswa dapat ditampilkan dalam monitor Guru baik dalam mode full screen ataupun berupa thumbnails (dengan jumlah maksimum 16 monitor siswa ditampilkan secara bersamaan dalam monitor Guru). Dalam mode full screen, maka monitor siswa ditampilkan secara secara bergiliran dengan rentang waktu tertentu yang daat diatur oleh Guru. Saat guru melihat monitor siswa, guru juga dapat langsung mengambil alih dan mengendalikan fungsi-fungsi yang ada di komputer siswa saat itu juga.
Support Wireless dan Wired LAN Software WinnerClass mempunyai kompresi data yang sangat baik, sehingga fungsi streaming data baik berupa suara dan video yang disiarkan ke semua siswa mempunyai kualitas yang baik dan tidak putus-putus meskipun menggunakan jaringan wireless/ tanpa kabel.
Video Player Sebuah player khusus untuk pembelajaran di kelas laboratorium.
Player khusus ini dapat memutar file-file video seperti DVD, VCD, MPEG2/3/4, Quick Time, AVI, RM, ASF, WMV dan semua file multimedia lainnya. terdapat fungsi istimewa disini yaitu Suspend yang membantu guru untuk memblok materi yang hanya diajarkan dalam sebuah keping CD/DVD sehingga siswa dapat lebih fokus belajar karena materi yang ditampilkan dalam blok akan diulang-ulang (Fungsi Repeating).

Lock Guru dapat mengunci semua devices yang ada di komputer siswa (keyboard dan Mouse) sehingga siswa tidak dapat menjalankan aktifitas normalnya. Fungsi ini digunakan saat guru membutuhkan perhatian penuh dari semua siswa.
Silent untuk mendapatkan perhatian penuh siswa, selain fungsi Lock, Guru juga dapat membuat layar monitor siswa menjadi blank screen atau menampilkan tulisan tertentu.
Remote Setting Fungsi ini digunakan bila Guru ingin melakukan setting semua PC Siswayang umum melalui Master Control, seperti: desktop theme setting, background setting, screen protection programme setting, student channel setting, student volume setting, student uninstall password setting, Application Control, Internet Control, Exit Hotkey setting, dan lain-lain.
Remote Command Fungsi ini untuk menjalankan atau me-remote komputer siswa melalui komputer Guru. Melalui fungsi ini, Guru dapat menghidupkan (wakeup), mematikan (shutdown) dan me-restart sebagian atau keseluruhan komputer siswa .
Student Property Guru dapat melihat informasi siswa berupa nama komputer, IP address, MAC address, nama operating system dan versi, CPU Speed, ukuran memori, dan aplikasi yang sedang berjalan. melalui fungsi ini pula, Guru juga dapat memberhentikan proses yang sedang berlangsung di komputer siswa secara remote.
System Log Secara otomatis menyimpan even-even penting selama software berjalan.
Raising Hand/Request Help Saat pelajaran sedang berlangsung, seorang siswa dapat menggunakan fungsi ini (angkat tangan) apabila siswa ingin bertanya ke guru.
Tipe Deluxe

Memiliki semua fungsi yg ada di Tipe Basic +..

Application Policy Guru dapat membuat daftar program aplikasi yang dapat dijalankan dan tidak dapat digunakan oleh siswa.
Web Policy Guru dapat membuat daftar alamat website yang dapat dan tidak dapat diakses oleh siswa.
Screen Draw Melalui fungsi ini, Guru dapat menggambar langsung di layar menggunakan menu layaknya paintbrush. Dengan Screen Draw ini maka Guru dapat menerangkan lebih interaktif kepada siswa. Saat melakukan fungsi ini, layar guru juga dapat disimpan atau langsung disiarkan ke seluruh monitor siswa.
Screen Recording Guru dapat merekam aktifitas monitornya (sekaligus suara jika diinginkan). File perekaman dapat langsung disimpan menjadi AVI dan dapat diputar melalui Media Player di komputer siswa untuk pembelajaran di kelas berikutnya atau sebagai belajar mandiri di rumah.
File Distribution Fungsi ini digunakan untuk mendistribusikan file-file baik dari Guru ke Siswa atau dari semua siswa ke Guru. File-file yang dikirim dapat diatur untuk tipe file tertentu, besar file, lokasi penyimpanan, dan lain-lain.
Quiz Guru dapat membuat soal baik melalui notepad ataupun melalui menu quiz berupa optional choice, true/false dan essay. Setiap pertanyaan dapat ditambahkan dengan bobot nilai dan waktu jawab yang berbeda. Setelah sesi ujian selesai, guru dapat langsung melihat scoring masing-masing siswabaik berupa angka ataupun grafik.
Tipe Premium

Memiliki semua fungsi yg ada di Tipe Basic + Deluxe + ..

Multichannel Dalam 1 kelas di jaringan yang sama dapat terdiri dari beberapa guru sekaligus. Siswa dapat join ke channel guru yang diinginkannya.
Unlimited Student Jika dalam versi Basic dan Deluxe hanya dapat menampung maksimal 50 siswa, maka fungsi Premium ini dapat menampung jumlah siswa tak terbatas.
Recorder Player Ini adalah fungsi paling vital dalam pembelajaran lab bahasa dimana fungsi ini digunakan untuk meningkatkan kemampuan Listening and Speaking dengan dilengkapi fitur-fitur playback dan rekaman audio. Pada lab bahasa digital, fungsi ini dapat menggantikan fungsi Educational Recorder (yang terdapat fungsi SP-SSP-SPSP-SSPS dll) dimana dengan fungsi ini, guru tidak hanya dapat merekam audio berupa materi pembelajaran, tetapi juga dapat merekam suara guru untuk dijadikan materi pembelajaran. Siswa dapat pula mendengar materi guru dan meniru pronounciation serta merekamnya. Hasil file rekaman ini dapat pula digunakan sebagai Self Learning atau Belajar Mandiri oleh para siswa didalam melatih Listening dan Speaking.
Post a Comment